Rabu, 15 Maret 2017

Begini Cara Membersihkan Telinga Tanpa 'Cotton Bud'

Begini Cara Membersihkan Telinga Tanpa 'Cotton Bud'

Begini Cara Membersihkan Telinga Tanpa 'Cotton Bud' - Kotoran telinga atau cerumen merupakan zat kekuningan yang dihasilkan di saluran telinga, yang kemudian disekresikan oleh kelenjar cerumen yang berada di telinga. Kotoran telinga mempunyai manfaat, yaitu untuk melumasi dan menjadi anti-bakteri dalam telinga sehingga telinga tidak mudah terasa kering. Meski anda merasa membersihkan telinga termasuk bagian dari gaya hidup bersih, para ahli justu berbeda pendapat.


Dalam beberapa permasalahan, orang menggunakan kapas (cotton bud) untuk membersihkan kotoran di telinga. Akan tetapi, anda harus tahu jika hal ini tidak dianjurkan. Meskipun rasanya enak, membersihkan telinga dengan kapas (cotton bud) sebenarnya berbahaya dan tidak efektif.

Sujana Chandrasekhar, Dokter THT dan neurologi dari New York Head dan Neck Institute di Lenoc Hill Hospital, melihat jika pasiennya sedang membersihkan kotoran telinga menggunakan kapas karena terasa menyenangkan, dan hal tersebut kemudian menjadi suatu kebiasaan.
'Sekali memulai, anda tidak merasa lengkap bila belum melakukannya' terang Sujana Chandrasekhar.
Meski Anda merasa kapas merupakan sesuatu yang lebut, namun faktanya anda membersihkan kotoran telinga dengan batang cotton bud. Hal tersebut bisa merobek kulit dilubang telinga hingga menimbulkan infeksi dan hal buruk yang bisa saja terjadi yaitu gendang telinga tertusuk akibat gesekan yang agresif.


Chandrasekhar menceritakan, bahwa ada pasiennya yang membersihkan telinga sembari menyetir mobil lalu ia menginjak rem. Kemudian pasien tersebut menusuk gendang telinganya dan hampir mengalami kerusakan yang permanen.
'Sebetulnya membersihkan telinga dengan cotton bud hanya akan mendorong kotoran itu semakin dalam, bukan justru membersihkannya' lanjutnya.
Pada dasarnya, kita tidak perlu membersihkan lubang telinga, sebab tubuh mempunyai mekanisme dalam membersihkan dirinya sendiri. Kulit yang melapisi saluran telinga juga berbeda dari kulit bagian tubuh yang lain. Terdapat gerakan aktif pada kotoran telinga dari luar serta kedalam dan ke luar untuk menghilangkan debu atau kotoran.

Bila anda sudah kecanduan, cara terbaik untuk kembalikan telinga anda ke keadaan semula yaitu berhenti memakai kapas. Tapi, hal ini akan sulit bagi anda, terlebih saat bagian dalam telinga terasa gatal.
Cara efektif yang bisa dipraktekan di rumah untuk membersihakan telinga yaitu memasukkan minyak kedalam telinga selama beberapa menit, kemudian gunakan alat penyedot (at-home irrigation kit) untuk membersihkannya.
Jangan sampai tergoda untuk mencoba membersihkan kotoran telinga dengan lilin seperti di spa sebab belum ada bukti ilmiah yang dapat mendukung keamanan serta hasilnya. Hal tersebut sangat berbahaya dan tidak efektif, dengan hasil terburuk yaitu luka bakar sampai perlubangan pada membran, bagian yang memisahkan saluran telingadan telinga bagian tengah.

Jika pendengaran Anda terus menerus terganggu atau terasa gatal, ada baiknya untuk segera menemui dokter, untuk pemeriksaan lebih lanjut. Anda juga bisa melakukan pembersihan kotoran bila itu menyumbat saluran telinga.

Post by : Sehat Gembira

Begini Cara Membersihkan Telinga Tanpa 'Cotton Bud'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Author

Labels